Cara Menghemat Waktu dengan Tema Excel
Tema Excel adalah kumpulan warna, font, dan efek yang dapat Anda terapkan ke buku kerja dengan beberapa klik. Tema memastikan tampilan yang konsisten dan profesional untuk laporan Anda, dan mereka membiarkan Anda lebih mudah mematuhi branding perusahaan dan pedoman identitas.
Menerapkan Tema Excel
Anda akan menemukan tema di bawah tab "Layout Halaman" dari Excel.Anda dapat memilih tema untuk buku kerja Anda, yang akan menerapkan koleksi warna, font, dan efek bentuk.
Atau, Anda dapat memilih tema warna atau font tertentu untuk diterapkan.
Excel memiliki banyak tema bawaan (dan juga tema warna dan font) yang dapat Anda terapkan ke buku kerja untuk dampak visual, menghemat waktu Anda mencoba memilih warna dan font dengan tangan yang akan bekerja bersama dengan baik.
Gambar di bawah ini menunjukkan tema warna Biru Hijau yang diterapkan ke buku kerja. Kedua bagan mengadopsi tema warna, menjaga tampilan dan nuansa yang konsisten.
Cara Membuat Tema Kustom
Ini bagus! Tetapi kemampuan untuk membuat tema khusus adalah tempat keajaiban itu.Buat Tema Warna Kustom
Klik pada daftar "Warna" di grup Tema dan klik "Sesuaikan Warna" dari bagian bawah daftar.Ini akan membuka jendela Create New Theme Colors.
Masukkan nama untuk tema warna baru Anda. Dalam contoh ini, saya membuat tema warna untuk tim pemasaran.
Anda kemudian memilih warna yang Anda inginkan tersedia dalam tema ini dari daftar dan klik "Simpan" ketika Anda selesai.
Tema warna ini kemudian tersedia dari daftar opsi untuk diterapkan ke buku kerja.
Gambar di bawah ini menunjukkan tema yang diterapkan dan dampaknya pada grafik dan juga sel di belakang daftar.
Tema yang diterapkan juga akan memengaruhi opsi yang Anda dapatkan saat menerapkan warna di area Excel lainnya. Misalnya, Anda dapat melihat pemilihan warna yang tersedia saat menerapkan warna isi.
Opsinya adalah variasi warna yang saya pilih dalam tema Pemasaran.
Buat Tema Font Kustom
Klik tombol "Fonts" dan klik "Customize Fonts."Jendela Edit Font Tema terbuka.
Masukkan nama untuk tema font Anda dan pilih font yang ingin Anda gunakan untuk "font Heading" dan "font Body" dari daftar. Klik "Simpan."
Tema font ini kemudian tersedia di daftar "Font" dan diterapkan ke buku kerja di bawah ini.
Tema Efek
Tema efek adalah pilihan bayangan, refleksi, garis, dan efek lain yang dapat diterapkan pada bentuk.Anda tidak dapat menyesuaikan tema-tema ini, tetapi Anda dapat memilih satu dari daftar yang disediakan oleh tombol "Efek".
Cara Menyimpan Tema Khusus Anda
Dengan warna kustom dan tema font yang dibuat dan diterapkan, mereka dapat disimpan bersama menjadi satu tema.Klik tombol "Tema" dan klik "Simpan Tema Saat Ini."
Jendela Simpan Tema Saat Ini terbuka. Tema adalah file THMX dan dapat disimpan seperti buku kerja Excel.
Masukkan nama file untuk tema.
Lokasi default ada di folder template. Excel secara otomatis mencari tema di sini, jadi disarankan untuk menyimpannya di sini; namun, Anda dapat menyimpan tema di mana saja. Klik "Simpan."
Tema sekarang dapat diterapkan ke buku kerja apa pun dari tombol "Tema".
Jika Anda menyimpan tema di tempat lain, dan tidak di folder template, klik "Browse for Themes" untuk menemukannya.
Dengan mengklik tombol, semua warna, font, dan efek diterapkan ke buku kerja. Ini dapat menghemat waktu format jam.
Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Waktu dengan Tema Excel"