Cara Troubleshoot Printer yang Umum di Windows 10
Salah satu kesenangan menggunakan Windows 10 adalah, tidak seperti edisi Windows yang lebih lama, itu cukup mampu untuk menginstal periferal tambahan seperti printer Anda. Jika Anda mengalami masalah pengaturan printer pada Windows 10, ada beberapa perbaikan mudah.
Sebagian besar waktu, Anda dapat menangani masalah pengaturan printer Windows 10 dengan mengikuti beberapa langkah yang cukup standar, seperti memeriksa ulang kabel atau konektivitas. Menginstal driver adalah suatu keharusan, tetapi jika semuanya gagal, Anda dapat menjalankan Pemecah Masalah Windows untuk mencoba dan memperbaiki masalah pengaturan printer yang paling umum untuk printer Windows 10.
Periksa Kabel Yang Hilang Atau Konektivitas Nirkabel
Ini mungkin tampak cukup mudah, tetapi salah satu masalah pengaturan printer yang paling umum pada Windows adalah kurangnya konektivitas antara printer dan PC Anda.
Untuk printer kabel, itu berarti kabel yang tidak cukup terhubung di kedua ujungnya. Printer modern menggunakan USB atau ethernet, jadi periksa ulang apakah kabel printer yang Anda miliki pas di kedua ujungnya. Mengatasi masalah printer nirkabel bisa jadi lebih sulit.
Printer nirkabel, seperti kebanyakan perangkat WiFi, harus terhubung ke jaringan nirkabel Anda sendiri sebelum perangkat lain dapat mencetaknya. Periksa dokumentasi printer Anda lebih lanjut untuk langkah-langkah panduan tentang cara melakukan ini, tetapi dalam banyak kasus, harus ada tombol WPS pada printer Anda dan router jaringan Anda.
Tergantung pada model dan pabrik printer Anda, perangkat ini mungkin terdaftar sebagai WPS atau memiliki label umum seperti WiFi. Dengan menekan tombol ini di kedua perangkat, printer Anda akan secara otomatis terhubung ke jaringan nirkabel Anda. Jika itu tidak berhasil pertama kali, buat upaya tambahan.
Dari sana, perangkat Anda harus dideteksi oleh Windows, selama PC Windows atau laptop Anda terhubung ke jaringan yang sama. Jika metode WPS tidak berfungsi, Anda mungkin perlu melihat cara menghubungkan printer Anda ke PC menggunakan USB terlebih dahulu dan mengonfigurasi konfigurasi nirkabel secara manual.
Instal Driver Printer yang Hilang
Printer adalah perangkat umum untuk PC Windows 10. Dengan mengingat hal itu, Microsoft memiliki katalog luas driver printer yang sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang ketika printer baru terhubung.
Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menginstal driver printer, karena Windows harus melakukan ini untuk Anda. Namun, tidak selalu demikian. Microsoft mungkin kekurangan driver untuk model printer baru atau tidak umum, atau mungkin gagal untuk menginstal secara otomatis.
Sebagian besar waktu, Anda dapat menangani masalah pengaturan printer Windows 10 dengan mengikuti beberapa langkah yang cukup standar, seperti memeriksa ulang kabel atau konektivitas. Menginstal driver adalah suatu keharusan, tetapi jika semuanya gagal, Anda dapat menjalankan Pemecah Masalah Windows untuk mencoba dan memperbaiki masalah pengaturan printer yang paling umum untuk printer Windows 10.
Periksa Kabel Yang Hilang Atau Konektivitas Nirkabel
Ini mungkin tampak cukup mudah, tetapi salah satu masalah pengaturan printer yang paling umum pada Windows adalah kurangnya konektivitas antara printer dan PC Anda.
Untuk printer kabel, itu berarti kabel yang tidak cukup terhubung di kedua ujungnya. Printer modern menggunakan USB atau ethernet, jadi periksa ulang apakah kabel printer yang Anda miliki pas di kedua ujungnya. Mengatasi masalah printer nirkabel bisa jadi lebih sulit.
Printer nirkabel, seperti kebanyakan perangkat WiFi, harus terhubung ke jaringan nirkabel Anda sendiri sebelum perangkat lain dapat mencetaknya. Periksa dokumentasi printer Anda lebih lanjut untuk langkah-langkah panduan tentang cara melakukan ini, tetapi dalam banyak kasus, harus ada tombol WPS pada printer Anda dan router jaringan Anda.
Tergantung pada model dan pabrik printer Anda, perangkat ini mungkin terdaftar sebagai WPS atau memiliki label umum seperti WiFi. Dengan menekan tombol ini di kedua perangkat, printer Anda akan secara otomatis terhubung ke jaringan nirkabel Anda. Jika itu tidak berhasil pertama kali, buat upaya tambahan.
Dari sana, perangkat Anda harus dideteksi oleh Windows, selama PC Windows atau laptop Anda terhubung ke jaringan yang sama. Jika metode WPS tidak berfungsi, Anda mungkin perlu melihat cara menghubungkan printer Anda ke PC menggunakan USB terlebih dahulu dan mengonfigurasi konfigurasi nirkabel secara manual.
Instal Driver Printer yang Hilang
Printer adalah perangkat umum untuk PC Windows 10. Dengan mengingat hal itu, Microsoft memiliki katalog luas driver printer yang sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang ketika printer baru terhubung.
Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menginstal driver printer, karena Windows harus melakukan ini untuk Anda. Namun, tidak selalu demikian. Microsoft mungkin kekurangan driver untuk model printer baru atau tidak umum, atau mungkin gagal untuk menginstal secara otomatis.
- Pertama, gunakan Windows untuk mencari perangkat lunak driver yang relevan secara online. Untuk melakukan ini, klik kanan tombol menu Start Windows Anda dan klik Pengaturan.
- Dari sini, klik Perangkat> Printer & Pemindai.
- Di bagian atas, klik Tambah pencetak atau pemindai.
- Tunggu Windows untuk memindai perangkat Anda untuk printer. Jika Windows mendeteksi, klik ketika muncul di daftar pencarian. Jika itu tidak dapat menemukan printer Anda, klik Printer yang saya inginkan tidak terdaftar.
- Di panduan Tambah Printer, pilih opsi yang relevan untuk perangkat Anda. Jika ini adalah printer nirkabel, pilih Tambahkan Bluetooth, nirkabel atau printer yang dapat ditemukan jaringan dan klik Berikutnya untuk melanjutkan.
- Pilih Printer saya sedikit lebih tua jika printer Anda lebih tua (misalnya, jika tidak menggunakan USB).
- Ikuti petunjuk di layar untuk jenis printer Anda untuk memulai instalasi. Anda juga dapat menggunakan Windows Device Manager untuk mencari atau memperbarui driver Anda. Untuk melakukan itu, klik kanan tombol menu Start Windows Anda dan klik Device Manager.
- Di Device Manager, cari kategori Printer. Jika Anda tidak dapat melihat printer Anda tercantum di sini, klik Lihat> Tampilkan perangkat yang disembunyikan atau cari perangkat Anda di bawah Perangkat lain.
- Klik kanan pada perangkat Anda dan klik Perbarui driver.
- Klik Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui di jendela yang muncul sesudahnya.
- Windows akan mencari secara online driver yang relevan untuk printer Anda dan, jika ditemukan, instal secara otomatis. Jika Windows tidak dapat menemukan printer Anda, Anda harus mencari dan menginstal sendiri driver printer yang hilang. Cari model printer Anda di bagian unduhan atau dukungan situs web produsen Anda, dan unduh paket driver terbaru untuk perangkat Anda.
- Setelah Anda memiliki driver terbaru untuk printer Anda, Anda kemudian dapat kembali ke Pengelola Perangkat, klik kanan pada perangkat Anda, lalu klik Perbarui driver> Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver sebagai gantinya. Atau, pabrikan Anda dapat menyediakan penginstal untuk menginstal driver Anda untuk Anda secara otomatis.
Tetapkan Sebagai Printer Default
Jika Anda memiliki beberapa printer yang diinstal, Anda mungkin memiliki beberapa masalah ketika Anda datang untuk mencetak dokumen. Mengatur printer baru Anda sebagai printer Windows default dapat memperbaiki masalah ini, mencegah Anda dari mengirimkan dokumen cetak ke printer yang salah secara tidak sengaja.
- Untuk mengatur printer Anda sebagai printer Windows default, klik kanan tombol menu Start Windows Anda dan klik Settings.
- Di Pengaturan, klik Perangkat> Printer & Pemindai. Anda harus menghapus centang pada Izinkan Windows untuk mengelola kotak centang printer default saya, atau Anda tidak akan dapat mengatur sendiri printer default.
- Setelah pengaturan ini dinonaktifkan, klik pada printer Anda dan klik Kelola.
- Di pengaturan manajemen printer Anda, klik Ditetapkan sebagai default untuk menjadikannya printer Windows default.
Jika konfigurasi printer Anda benar, Anda seharusnya dapat mulai mencetak dari printer ini. Ini akan menjadi opsi default setiap kali Anda memilih untuk mencetak.
Jalankan Troubleshoot Windows 10
Jika printer Anda masih tidak berfungsi setelah mengikuti langkah-langkah ini, menjalankan Windows 10 Troubleshooter dapat menyelesaikan masalah printer. Ini memeriksa konfigurasi printer Anda dan memandu Anda melalui beberapa langkah tambahan untuk mengaktifkan dan menjalankan printer Anda.
- Untuk meluncurkan Pemecah Masalah Windows 10 untuk printer Anda, klik kanan menu Start Windows Anda.
- Klik Pengaturan, lalu Perbarui & Keamanan> Pemecahan Masalah.
- Di bagian Pemecahan Masalah, di bawah Bangun dan jalankan, klik Printer.
- Klik Jalankan pemecah masalah untuk memulai.
- Anda harus memilih printer Anda dari daftar yang disediakan. Pilih printer yang relevan, atau pilih Printer saya tidak terdaftar, lalu klik Berikutnya untuk melanjutkan.
Windows kemudian akan mulai mencari melalui konfigurasi printer Anda dan pengaturan Windows yang relevan untuk mencari konflik. Jika ada masalah printer yang terdeteksi, Windows akan meminta Anda untuk menerapkan perbaikan yang relevan agar printer Anda berfungsi.
Posting Komentar untuk "Cara Troubleshoot Printer yang Umum di Windows 10"